Minggu, 30 Mei 2010

Pemilu Kada Karawang Digelar 14 November


KARAWANG-LK: Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilu Kada) Kabupaten Karawang, Jawa Barat oleh Komisi Pemilihan Umum setempat ditetapkan pada 14 November 2010.

"Namun, untuk tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) akan  dimulai pada Jumat (14/5) esok," kata Ketua KPU Karawang Emay Ahmad Maehi, Kamis (13/5).

Ia mengatakan, dimulainya tahapan Pilkada Karawang itu akan ditandai dengan penyerahan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ke KPU setempat.

Secara umum, kata dia, KPU Karawang sudah siap untuk memulai tahapan Pemilu Kada yang akan dimulai pada Jumat (14/5) esok. Pada tahapan pertama nanti, katanya, KPU juga tengah memproses pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) Pemilu Kada Karawang.

Saat ini, pembentukan PPK dan PPS itu masih memroses pemberkasan dan akan di tes pada 17 Mei mendatang.  Anggota KPU Karawang Asep Sugiarto mengatakan, secara keseluruhan KPU sudah melakukan berbagai persiapan untuk memulai tahapan Pemilu Kada. Tetapi, ada beberapa hal yang kemungkinan akan menjadi perhatian khusus, yakni mengenai DP4.

Ia menilai, perubahan dari DP4 menjadi daftar pemilih sementara (DPS) nanti cukup membutuhkan banyak tenaga. Termasuk perubahan dari DPS ke daftar pemilih tetap (DPT), juga membutuhkan perhatian khusus dan memerlukan banyak tenaga. 

"Hal yang paling sulit bagi KPU ialah mengenai DP4, karena sampai saat ini kami masih meragukan tingkat Validiatasnya," kata Asep.

Dikatakannya, KPU Karawang dituntut untuk bekerja keras dalam memaksimalkan seputar data pemilih Pemilu Kada itu, karena jika tidak menjadi perhatian khusus, kemungkinan bisa menimbulkan masalah.

"Karena sesuai dengan pengalaman, permasalahan seputar daftar pemilih itu bisa menimbulkan gugatan," katanya. 

"Kami akan bekerja maksimal dalam penetapan DPS dan DPT. Tetapi, penetapan DPS dan DPT itu tergantung pada tingkat validitas DP4 yang akan kami terima dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat," tambahnya.(LK)