Android Bandung Community

WEWANGIAN YG DAPAT MEMEBERIKAN DAMPAK POSITIF PADA TUBUH.

Share on :
Aroma menentukan ekspresi wajah Anda. Jika begitu, maka aroma bagaimana yang dapat memberi dampak positif? Cari tahu jawabannya di sini.

Tahukah Anda bahwa indera penciuman manusia mampu mengenali ribuan aroma dan 10.000 kali lebih akurat dibanding indera pengecapan? Itu sebabnya, aroma tertentu bisa membantu kita menurunkan kadar stres, memperbaiki mood, atau mengurangi rasa sakit.

Di dalam hidung terdapat syaraf-syaraf lembut yang berhubungan langsung pada otak, untuk itu ketika hidung mencium suatu aroma, otak akan bekerja dan memproses respon apa yang akan tubuh lakukan. Saat lewat di depan toko roti Anda akan mencium aroma roti, di dalam benak Anda langsung terbayang keempukan dan kelezatan roti. Berbeda lagi saat Anda berdesakan di dalam bus kota yang kebetulan isinya para pekerja kasar atau buruh, wah bisa ditebak di dalam hati Anda akan memaki-maki karena aroma keringat segera membuat hidung Anda ingin kabur dari wajah Anda.

Aroma akan sesuatu dapat membuat Anda tersenyum, atau bisa juga seketika membuat Anda mual dan sedih. Menurut para ahli syaraf, aroma dapat mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun mental. Untuk itu sudah seharusnya kita tahu aroma apa saja sih yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Mau tahu? yuk kita lihat aroma yang menyehatkan tubuh berikut ini:

Mengurangi hasrat "ngemil"
Wewangian yang Anda sukai ternyata bisa membantu mengurangi hasrat tak tertahankan untuk ngemil. Demikian menurut Alan Hirsch, MD, pendiri Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, AS. Dalam salah satu risetnya, ia menyuruh orang-orang yang kegemukan untuk menghirup aroma pisang, apel hijau, dan pepermin ketika mereka merasa lapar. Ternyata mereka mampu mengurangi bobot tubuhnya lebih banyak dibanding orang yang tidak mencium aroma segar itu.

Menenangkan
Di sela kesibukan kerja yang menguras konsentrasi dan stres, teteskan minyak beraroma jeruk atau lavender. Dalam studi di Austria, para peneliti meminta responden mencium aroma jeruk dan sebagian lagi mencium aroma lavender. Ternyata kedua kelompok itu merasa cemas mereka berkurang. Mereka juga merasa lebih positif dan lebih tenang dibanding dengan responden yang tidak mencium aroma apa pun.

Belajar sesuatu yang baru
Menjelang presentasi di hadapan klien penting atau Anda diminta mempelajari software terbaru yang bikin kepala pusing, berikan percikan wangi rosemary di sekitar Anda. Dalam sebuah studi, 48 mahasiswa yang diberikan paparan aroma rosemary mengaku mereka lebih mampu berkonsentrasi dan mengerjakan soal ujian lebih baik.

Melawan sakit
Ada cara alami untuk mengurangi nyeri atau sakit tanpa obat-obatan medis. Caranya, dengan mencium aroma lavender atau pepermin. Hal ini sudah dibuktikan pada pasien yang menjalani prosedur laparoskopi gastrik bypass operasi. Selama operasi, mereka menggunakan masker yang ditetesi minyak lavender atau pepermin. Ternyata mereka hanya butuh dosis analegik lebih kecil pasca-operasi. Pepermin juga diketahui mengurangi sakit kepala.

Mengurangi nyeri haid
Studi yang dilakukan di Korea terhadap wanita yang sering menderita nyeri haid menyebutkan, mereka yang rutin melakukan pijat dengan minyak esensial setidaknya satu minggu sebelum periode menstruasi melaporkan, rasa nyeri dan kram perut mereka berkurang hingga setengahnya.

Meningkatkan gairah
Aroma bedak bayi bersama dengan wangi mentimun dan licorice ternyata mampu meningkatkan aliran darah ke vagina hingga 13 persen. Demikian juga dengan lavender dan pie labu. Anda bisa mendapatkannya dengan mengoleskan bedak bayi di kulit setelah mandi atau menyiapkan makan malam dengan menu mentimun segar.

Tidur lebih nyenyak
Tentu ada alasan kuat mengapa sejak ratusan tahun orang menaruh bunga lavender di balik bantal mereka. Penelitian menunjukkan, aroma lavender membuat seseorang tidur dalam lebih lama dan juga mengatasi insomnia ringan. Ingin tidur lebih nyenyak? Perciki sedikit wangi lavender di sekitar kamar sebelum waktu tidur.

Aroma Apel Hijau

Apel dikenal sebagai buah diet yang sehat dan bergizi, buah ini selalu menjadi andalan bagi mereka yang ingin selalu bugar dan sehat. Saking sehatnya kandungan nutrisi apel, muncullah sebuah pepatah, "eat two apples a day keep the doctors away", well sepertinya masuk akal ya.

Tak hanya sehat dikonsumsi saja, tetapi menurut Alan Hirsch, seorang peneliti aroma dan rasa di Chicago, seperti diberitakan dari Shine. Yahoo, aroma apel juga dapat membantu seseorang berhenti ngemil. Benarkah? Mungkin kedengarannya sulit dipercaya, namun di dalam suatu studi mereka yang mengalami problem kelebihan berat badan diberikan terapi aroma apel, dan alhasil mereka dapat menekan nafsu makan mereka dan berhasil menurunkan berat badan.

Tentunya bukan hanya dengan terapi aroma apel saja ya, namun dilengkapi dengan diet dan olahraga. Kalau Anda hanya mencoba menghirup aroma apel sebanyak-banyaknya dan do nothing, ya sepertinya mustahil untuk menurunkan berat badan.

Aroma Lavender

Tak hanya bermanfaat untuk mengusir nyamuk saja, lavender juga dapat membuat seseorang menjadi lebih relaks dan tenang. Efek positif yang ditimbulkan oleh aroma ini membuat otot-otot tubuh jadi lebih renggang dan bahu tidak kaku lagi. Karena tubuh sangat nyaman dan relaks, aroma lavender ini bagaikan lagu nina bobo yang akan menghantarkan kita pada tidur yang nyenyak. Bermanfaat pula bagi Anda yang mengalami susah tidur. Tapi jangan lupa memasang alarm agar keesokan hari Anda bisa bangun pagi ya, atau siap-siap saja mendengar omelan dari atasan karena Anda bangun kesiangan.

Aroma Jeruk

Rasanya asam manis, segar, juicy, itulah si buah jeruk. Dan seperti kesegaran rasa buah jeruk, aromanya juga membangkitkan semangat tersendiri bagi tubuh. Tak heran jika sabun, parfum atau wewangian deterjen banyak yang menggunakan aroma dasar buah jeruk, karena memang terbukti mampu membuat seseorang merasa fresh dan kembali bersemangat.

Aroma Rosemary

Rosemary adalah tanaman wewangian yang cukup dikenal dan disukai aromanya. Tak hanya sekedar manis dan lembut, aroma rosemary ini juga mampu meningkatkan daya ingat otak dan mendorong seseorang belajar suatu hal yang baru.

Aroma Minyak Esensial

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Korea, 2006 silam, seperti dilberitakan oleh Shine.Yahoo, mereka yang menderita nyeri haid, dan setelah dilakukan beberapa kali percobaan, ada beberapa aroma minyak esensial yang dapat membantu meringankan nyeri haid tersebut, seperti lavender, sage, rose, dan almond yang dimix jadi satu dan dimassage di atas perut agar aromanya selalu tercium.

Aroma Peppermint

Aroma peppermint pada umumnya ditambahkan di dalam permen atau inhalers. Aromanya memang segar dan agak menyengat, mengingatkan kita pada obat-obatan bukan? Tak semua dari kita menyukai aroma tersebut, tetapi percayalah bahwa sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa aroma peppermint memberikan motivasi, energi, kecepatan dan kepercayaan diri bagi mereka yang menghirupnya.

Lalu bagaimana dengan aroma roti yang disebutkan di atas tadi? Apakah aroma roti memberikan rasa rileks, kesegaran, atau manfaat kesehatan lainnya? Sampai sejauh ini sih belum ada penelitian lebih lanjut soal aroma roti, namun yang pasti aroma roti akan membuat Anda lapar dan merogoh kocek untuk menikmati kelezatan dan kelembutannyaWewangian Yang Dapat Berikan Dampak Positif Pada Tubuh

0 komentar on WEWANGIAN YG DAPAT MEMEBERIKAN DAMPAK POSITIF PADA TUBUH. :

Post a Comment and Don't Spam!